Jumat, 04 November 2011

Optimalkan Semester Pendek

Optimalkan Semester Pendek
Oleh: Wendi Ichsan

Setiap mahasiswa tentu mengenal semester pendek, atau biasa disebut SP. Bagi sebagian mahasiswa, semester pendek merupakan alternatif yang sangat membantu kelancaran perkuliahan. Semester pendek bisa dijadikan ajang untuk menambah perolehan SKS mahasiswa yang bersangkutan. Selain itu, semester pendek juga dapat dijadikan tempat mengulang mata kuliah yang sebelumnya gagal.
Sebelum masa libur perkuliahan, pendaftaran SP sudah banyak terpampang di papan pengumuman masing-masing jurusan. Bagi mahasiswa yang ingin cepat-cepat menyelesaikan kuliahnya, tentu SP menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, bagi mahasiswa biasa lebih banyak yang mengutamakan pulang ke kampung halaman.
Bagi saya sendiri, SP sangat membantu perkuliahan saya. Meskipun tidak ada mata kuliah saya yang gagal ataupun mengulang, tapi saya bertekad untuk tamat dalam jangka waktu yang singkat. Begitu juga dengan teman-teman lainnya yang sama-sama mengambil semester pendek dengan saya. Semua mahasiswa mendambakan nilai yang terbaik.
Semua orang boleh bercita-cita demikian, namun harus disertai dengan kerja keras dan berdoa. Kita harus bisa mengoptimalkan semester pendek agar tidak menjadi mahasiswa cinta kampus, atau juga disebut ‘mahasiswa abadi’. Jadwal semester pendek sangatlah padat, tapi itu tidak menyurutkan niat saya untuk menggali ilmu yang lebih luas di kampus.
Jika semester pendek kali ini bisa saya optimalkan perkuliahannya, maka mudah-mudahan saya akan memperoleh nilai yang cukup bagus. Pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”. Ini menandakan bahwa ilmu itu sangatlah luas. Jika seandainya ilmu yang kita miliki masih standar, maka kita jangan pernah malu untuk belajar. Semester ini akan membuktikan kerja keras saya selama menjalani perkuliahan di kampus. Semoga hasilnya memuaskan. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar